Tokyo International Forum

Arsitektur yang menakjubkan

Mengunjungi Tokyo International Forum adalah impian setiap structure engineer . Gedung yang diprakarsai oleh Tokyo Metropolitan Goverment melayani kebutuhan bisnis sekaligus pusat pertunjukan seni. Gedung konfrensi terbesar di Jepang ini dirancang oleh Rafael Vinoly, dan rampung pada tahun 1996.

Bangunan ini memiliki 11 lantai dan 3 basement. Di dalamnya terdapat dua theater yang salah satunya adalah yang terbesar di dunia. Ruang exhibition seluas 6000m2, beberapa ruang konfrensi, restaurant , toko-toko , gallery seni, mediatech dan fungsi–fungsi lainnya yang membuat bangunan ini mempunyai kegiatan yang tetap hidup.

Yang menakjubkan dari Tokyo International Forum adalah bentuknya yang menyerupai perahu memanjang yang dibentuk oleh glass curtain wall setinggi 197 kaki, steel frame dan megatruss. Area lobby yang menyerupai glass Hall, adalah satu struktur baja yang paling rumit yang pernah dibangun di Jepang. Penggunan material laminated glass memungkinkan arsitek mendapatkan tampak yang transparant namun juga cukup aman.

Material laminated glass juga digunakan pada jembatan yang menghubungkan kedua sisi bangunan tersebut. Saat menjalani jembatan tersebut kita akan merasa seperti berjalan di atas udara. Jembatan yang saling bersilangan ini berfungsi juga sebagai struktur penahan angin yang menopang kedua sisi bangunan ini.

Pada malam hari, sistim penerangan membuat banguan ini terlihat seperti kapal laut yang melayang ditengah kota.

Bangunan ikonik ini terletak di persilangan 4 jalur kereta bawah tanah dan 2 jalur kereta utama yaitu Stasiun Tokyo dan Stasiun Yurakucho.

Di area plaza Tokyo internatioanl Forum terdapat kanopi Yurokacho, yang merupakan cantilever glass structure terbesar di dunia karya Dewhurst Macfarlene and partner. Kanopi yang berdimensi 35 x 16 kaki ini menggunakan material laminated glass dan acrylic. Lembaran material tersebut saling dikaitkan dengan menggunakan pin berbahan stainless stell. Kanopi ini akan membawa menuju ke stasiun bawah tanah dan adalah key entrance untuk area ini.

Bangunan ini wajib dikunjungi bagi pecinta arsitektur. Bahkan untuk seorang awam pun menikmati estetika bangunan ini merupakan rekreasi tersendiri.

Laminated glass : adalah jenis material kaca dimana 2 lembar kaca mengapit lembaran plastik-seperti roti sandwich. Sehingga kaca ini cukup kuat namun karena lapisan plastik (yang menyerupai bahan untuk proses laminating) namun cukup aman dari resiko pecah.

Cantilever structure : Suatu sistim dimana penopang kekuatan berada hanya pada satu sisi, sedangkan sisi lainnya dibiarkan tanpa penopang.

0
0
Este artigo foi útil?
Help us improve the site
Give Feedback

Thank you for your support!

Your feedback has been sent.